15 Maret 2011

Facebook Hapus Akun Wartawan Cina karena Gunakan Nama Palsu

Michael Anti, nama samaran seorang wartawan Cina dihapus oleh pengelola Facebook, Januari lalu. Dikutip dari KANAL INFORMASI, Facebook menghapus akun Michael karena diketahui, dari catatan Pemerintah Republik Rakyat Cina, bahwa nama tersebut bukan nama lahirnya. Facebook menerapkan "real-name policy" untuk para pengguna Facebook. Hal yang tidak banyak diketahui oleh para pengguna Facebook. Kebijakan ini dipertahankan dengan sangat keras oleh perusahaan pengelola Facebook. Kebijakan nama asli ini berdampak pada akan menghapus akun-akun yang diketahui menggunakan nama samaran oleh pengelola Facebook.

Michael Anti, adalah nama yang digunakan wartawan tersebut untuk tulisan-tulisannya selama sepulah tahun terakhir di blog-blog pribadinya, dan nama yang digunakannya untuk tulisan-tulisan di harian New York Times dan publikasi lainnya. Nama Michael Anti juga digunakan untuk dokumen-dokumen ilmiah hasil program fellowship yang diikutinya di Universitas Harvard. Publik sudah mengenalnya sebagai Michael Anti.

Michael Anti menolak mengubah nama akunnya dengan nama aslinya, sehingga Facebook menghapus akunnya. Penghapusan ini juga menghapus link Michael dengan ribuan kontak yang sudah dibuatnya sejak 2007. Pengubahan nama berarti mengungkap identitas asli Michael Anti yang akan menyebabkan dirinya dalam bahaya. Sebagaimana diketahui Pemerintah Cina sangat keras terhadap wartawan Cina yang mencoba menulis apa yang sebenarnya terjadi di Cina. Dewasa ini Pemerintah Cina bersama Pemerintah Iran, adalah dua negara di dunia yang paling memusuhi wartawan. Hingga Maret 2011, Cina masih memenjarakan 34 wartawan. Jumlah yang sama dipenjarakan di Iran. DK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar