24 Maret 2009

Asal Mula Ditemukannya Kopi

By Line : Dedy Kurniawan

Anda penggemar minuman kopi? Kalau jawabannya ya, tahukah anda kapan pertama kali kopi ditemukan? Tidak ada bukti nyata yang menunjukkan kapan atau bagaimana sesungguhnya kopi pertama kali ditemukan. Beberapa pendapat menyebutkan:
1. Pertama kali ditemukan pada abad ke-3, ketika pengembala kambing asal Etopia yang biasa disebut Kaldi, memperhatikan kumpulan kambingnya bertingkah setelah mereka makan biji kopi merah. Pengembala kambing tersebut membagi pengalamannya kepada kepala biara pria, yang kemudian melakukan pengujian terhadap kekuatan yang ada pada biji kopi tersebut.
2. Penemuan kopi di kurun 500 Masehi dari penggembala domba di Jazirah Arab yang tidak sengaja memakan tanaman liar serupa buah ceri dan merasakan sensasi luar biasa yang kemudian tersebarluaskan ke seluruh dunia. Sejak saat itu, kopi menjadi komoditas minuman kaum bangsawan dari Arab, Turki, dan Eropa sebelum menjadi suatu industri dan perkebunan kopi yang sangat besar. Nah, orang yang mematenkan biji dan minuman kopi adalah Henry Cortez.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar