09 Juni 2009

Pemerintah Bombana Kosongkan Kawasan Tambang Emas


By Line : dedy kurniawan ----

Ribuan penambang emas tradisional di Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara, dipaksa keluar dari lokasi tambang menyusul rusaknya sumber air dan kawasan hutan di sekitar kawasan Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai.

Para penambang ini khawatir dengan ancaman penyitaan peralatan tambang yang dilontarkan oleh tim penertiban.
Tak hanya itu, tim penertiban juga mengancam akan memproses hukum setiap penambang yang menolak ditertibkan dan masih ditemukan mencari emas di sekitar lokasi tambang

Kondisi berbeda terjadi di lokasi tambang emas Ububangka, Kecamatan Rarowatu Utara. Di tempat ini, tim penertiban masih menemukan puluhan penambang emas tradisional sedang mendulang emas. Saat diperiksa, tak satu pun dari puluhan penambang ini yang mengantongi ijin menambang dari Pemda Bombana.

Akibatnya, seluruh peralatan menambang milik mereka seperti kuali, pacul dan sekop langsung disita tim penertiban. Tak hanya itu, tim penertiban juga merobohkan gubuk-gubuk yang didirikan para penambang.

Para penambang mengaku, sebenarnya mereka sudah mengetahui penertiban dan larangan memasuki kawasan tambang, namun mereka sengaja tak memperdulikannya. Alasannya, dana yang mereka keluarkan belum sebanding dengan hasil yang mereka dapat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar