29 April 2011

Paranoid

“Only the paranoid survive.” Zaman tampaknya membuktikan kata-kata itu. Ya, hanya orang paranoid yang bisa bertahan.

Itu bukanlah kutipan dari novel Tom Clancy, bukan pula omongan jenderal pongah, Napoleon Bonaparte, yang Anda boleh mengabaikannya. Tapi, kata-kata itu keluar dari orang yang membesarkan bisnis prosesor, Intel Corp, yakni Andrew Grove atau biasa dipanggil Andy Grove.
Grove telah menjadi presiden direktur, CEO (chief executive officer), serta komisaris utama di Intel selama 18 tahun sejak 1979. Dia lelaki tangguh. Pria kurus ini sangat mafhum apa arti “paranoid” dan “survive”.

Dulu, Grove hengkang dari kotanya, Budapest, Hungaria, saat revolusi meletus pada 1956. Dia berlayar dan menjadi imigran di New York City pada 1957. Revolusi itulah yang membuatnya belajar arti “paranoid” dan “survive”.

Saat membangun bisnis Intel, keyakinan terhadap “paranoid” itu pula yang membuatnya tahan banting. Lihatlah bagaimana Intel membangun ketergantungan pengguna komputer pada Intel. Biarpun ada AMD atau RISC, Intel tetap bisa menguasai pasar. Saking paranoidnya, Intel seperti berkejaran dengan waktu untuk menciptakan prosesor yang makin murah, dan semakin irit baterai. Ingat Pentium I, Pentium II, Celeron, Dual Core, sampai berkembang jauh menjadi Core i7? Itulah hasil kerja orang-orang paranoid seperti Grove.

Di tengah persaingan penjualan prosesor yang sengit, Grove bisa meningkatkan kapitalisasi Intel hingga 4.500 persen. Wow! Bahkan, Intel pada 1997 dinobatkan menjadi perusahaan paling bernilai. Grove sendiri dipilih menjadi Person of The Year oleh majalah Time.

Orang atau organisasi yang paranoid ini adalah makhluk-makhluk dengan napas panjang. Zaman sulit menghentikan mereka. Sejarah telah mencatat itu.

Sebaliknya, orang-orang yang santai, terlena dengan kesuksesan, terbukti bernapas pendek. Mereka mudah sekali terdampar saat pasar baru tiba. Motorola adalah contohnya. Pada era 1994-an, Motorola adalah raja peranti komunikasi. Mereka menikmati kekayaan yang berlimpah. Tapi, umur kejayaan mereka tak lama. Saat Nokia mulai menancapkan kuku pada 2000, kejayaan Motorola pun memudar. Mereka kalah telak dalam produksi telepon seluler, baik desain, fungsi, maupun harga. Pangsa pasar Motorola anjlok, dari 45 persen menjadi 15 persen. Orang pun bertanya-tanya, bagaimana mungkin perusahaan yang disebut oleh konsultan A.T. Kearney sebagai “perusahaan dengan manajemen terbaik di dunia” bisa bertekuk lutut di hadapan Nokia? Pasar Nokia naik menjadi 31 persen.

Motorola gagal menjadi paranoid. Mereka menikmati kejayaan dan lupa bahwa rival-rival baru bermunculan. Motorola telat melakukan investasi di dunia komunikasi digital, maka Nokia pun menjadi raja baru. Mereka ponsel sejuta umat.

Sejarah kesalahan Motorola itu rupanya terulang pada Nokia. Tak ada orang paranoid di tubuh Nokia, saat Apple meluncurkan iPhone pada 2004. Nokia masih membanggakan ponsel Nokia Communicator dan sistem Symbian-nya. Dalam waktu singkat, semua itu menjadi “jadul” pasar keburu menjadi bubur. iPhone menjadi Sang Fenomena.

Tapi, pertunjukan belum usai. Waktu akan menghancurkan perusahaan-perusahaan yang tak paranoid. Apple, meski cerdas, dikenal lambat dalam merespons pasar. Geng penghasil ponsel Android punya kans besar untuk menggusurnya. TI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar